5 Tips Sebelum Menggunakan Retinol untuk Kecantikan Wajah
Kecantikan

5 Tips Sebelum Menggunakan Retinol untuk Kecantikan Wajah

Saya akan menjadi orang pertama yang mengakuinya: retinol menakutkan, untuk sedikitnya. Kita semua pernah mendengar cerita horor tentang reaksi yang merugikan dan iritasi kulit, tetapi retinol benar-benar dapat mengubah kulit Anda-jika Anda melakukannya dengan benar.

Apa itu Retinol?

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya-retinol adalah turunan vitamin A yang dikenal dapat meningkatkan pergantian sel, mendorong pembaruan kulit, dan meningkatkan kolagen, sehingga manfaat anti penuaannya tak tertandingi. Ini membantu melawan garis-garis halus dan kerutan dan bahkan dapat membantu mengurangi jerawat dan mencerahkan kulit secara keseluruhan untuk cahaya muda. Karena manfaat anti-penuaan yang tak ada habisnya, tidak ada waktu yang benar atau salah untuk mulai menggunakan retinol. Bergantung pada kulit Anda, Anda dapat memilih untuk memulai pada usia pertengahan hingga akhir dua puluhan atau kapan saja di usia tiga puluhan-dan seterusnya.

Jika Anda baru mengenal retinol atau ingin tahu lebih banyak tentangnya, berikut adalah 5 tips yang dapat menenangkan pikiran Anda dan bahkan mengubah Anda menjadi pengikut retinol sejati.

Awal yang Lambat

Kunci untuk retinol adalah mulai perlahan dan biarkan kulit Anda menyesuaikan diri. Mulailah dengan menerapkan formula rendah seukuran kacang polong (0,01-0,03%) untuk membersihkan kulit kering 1-2 kali seminggu. Kemudian, perlahan-lahan tingkatkan ke formula yang lebih kuat dan aplikasi yang lebih sering. Terlalu keras terlalu cepat dapat mengiritasi kulit Anda-dari situlah sebagian besar cerita horor berasal.

Waktu Malam Saja

Selalu gunakan retinol di malam hari. Saya ulangi: SELALU oleskan retinol di malam hari. Bahan pembangkit tenaga listrik sangat sensitif terhadap cahaya, jadi sangat penting untuk menerapkannya selama rutinitas malam Anda tepat sebelum tidur. Membersihkan, mengencangkan, mengoleskan retinol, melembabkan.

Melindungi Kulit

Ingat bagian tentang retinol peka cahaya? Itu mulai berlaku bahkan pada hari berikutnya. Jika Anda memasukkan retinol ke dalam rutinitas kecantikan Anda, lebih penting lagi untuk mengoleskan tabir surya di siang hari untuk mengurangi iritasi dan kekeringan.

Tetap Sederhana

Saat menggunakan retinol, hindari menggunakan terlalu banyak produk lain. Buat rutinitas perawatan kulit Anda sesederhana mungkin, dan biarkan superhero perawatan kulit melakukan keajaibannya. Peringatan: eksfoliator dan asam yang keras, khususnya, mungkin tidak cocok dengan retinol, jadi selalu perhatikan bahan lain yang Anda gunakan untuk kulit Anda.

Konsistensi adalah Kuncinya

Sama ajaibnya dengan semua orang yang membuat retinol, seperti kebanyakan bahan perawatan kulit lainnya, butuh waktu untuk benar-benar melihat perbedaannya. Jika Anda tidak segera melihat perbaikan, jangan khawatir-butuh waktu hingga 12 minggu agar retinol mengubah kulit Anda sepenuhnya. Pertahankan-hasilnya akan sepadan, saya janji.

Ingat, retinol adalah bahan aktifnya. Anda mungkin melihat efek samping ringan, seperti kulit kering atau kepekaan terhadap sinar matahari. Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif atau retinol tidak bekerja untuk Anda, jangan memaksakannya. Ada pilihan yang lebih ringan di luar sana, seperti bakuchiol untuk dipertimbangkan. Kami juga merekomendasikan bekerja dengan dokter kulit untuk menemukan bahan dan potensi yang paling cocok untuk jenis kulit unik Anda.