Tips Penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit
Kesehatan

Tips Penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Tubuh manusia adalah kumpulan sistem yang luar biasa yang bekerja sama untuk membuat Anda tetap sehat. Organ terbesar dan paling menonjol adalah kulit Anda. Sangat mudah untuk menerima begitu saja kerja keras yang dilakukan kulit kita setiap hari untuk menjaga tubuh kita berfungsi dengan baik. Sementara kita sering khawatir tentang fitur kosmetik seperti kerutan dan noda, kulit memainkan peran yang jauh lebih penting daripada menjaga penampilan kita. Sama seperti kita merawat organ lain seperti jantung dan paru-paru kita-kulit juga berhak mendapatkan perhatian yang sama. Seringkali kesehatan kulit kita adalah petunjuk untuk kondisi yang mendasarinya. Sangat penting untuk membiasakan diri setiap hari merawat kulit kita dengan hati-hati.

Saat Anda membaca artikel ini, kulit Anda sibuk melepaskan sel-sel mati – sekitar 40.000 setiap menit! Setiap 28 hari kulit benar-benar memperbarui dirinya sendiri. Berikut beberapa fakta menarik lainnya tentang kulit Anda:

  • Kulit orang dewasa rata-rata memiliki berat 9 pon dan memiliki lebih dari 11 mil pembuluh darah.
  • Rata-rata orang memiliki sekitar 300 juta sel kulit dan 300 kelenjar keringat.
  • Lebih dari 1.000 spesies bakteri menyebut kulit Anda sebagai rumah. Ini mungkin tampak kontra-intuitif, tetapi bakteri ini membantu menjaga kesehatan kulit Anda.
  • Kulit Anda memiliki 5 jenis reseptor berbeda yang menerjemahkan sensasi rasa sakit dan sentuhan.
  • Sel kulit mati membentuk sekitar satu miliar ton debu di atmosfer bumi.

Strategi Perawatan Kulit

Sama seperti menyikat gigi setiap hari, kulit juga membutuhkan perawatan harian.

Mulailah dengan Langkah-langkah Dasar Berikut:

  • Membersihkan dan Melembabkan: Cuci wajah Anda di pagi hari dan sebelum tidur. Pilih pembersih yang terbaik untuk jenis kulit Anda – kering, normal, atau berminyak. Setelah dibersihkan, oleskan pelembab. Pelembab membantu menghidrasi dan melindungi kulit Anda.
  • Oleskan Tabir Surya: Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat menyebabkan kerusakan ringan hingga serius pada kulit Anda. Kulit yang tidak terlindungi dapat berkerut, mengembangkan bintik-bintik penuaan, dan bahkan menjadi kanker. Sebagian besar kanker kulit terkait dengan paparan sinar matahari yang tidak terlindungi. Oleskan tabir surya setiap hari yang menghalangi sinar UVA dan UVB. Ingat, bahkan dalam cuaca dingin, kulit Anda bisa rusak oleh sinar matahari. Menambahkan perlindungan ekstra seperti topi atau pakaian lengan panjang juga dapat membantu melindungi kulit Anda.
  • Hidrasi: Air bermanfaat untuk setiap organ dalam tubuh Anda, termasuk kulit Anda! Tetapkan tujuan untuk minum setidaknya satu gelas air setiap kali makan, dan ganti air dengan minuman lain sesering mungkin.
  • Periksa Sendiri: Biasakan memeriksa kulit Anda untuk setiap perubahan seperti tahi lalat baru, bercak hitam, atau luka. Ini bisa menjadi indikator masalah serius. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda melihat perubahan pada kulit Anda.

Berpikir Dua Kali

Di luar strategi perawatan kulit harian Anda, penting untuk menyadari situasi lain yang dapat membahayakan kulit Anda. Ingatlah untuk melindungi kulit Anda saat menggunakan bahan pembersih. Hindari area di mana Anda terpapar bahan kimia berbahaya seperti asap rokok atau polutan seperti kabut asap.