Prinsip Dasar yang Harus Dilakukan Saat Merawat Kulit Berminyak
Kecantikan

Prinsip Dasar yang Harus Dilakukan Saat Merawat Kulit Berminyak

Kulit berminyak sebenarnya sangat normal, tetapi jika tidak dirawat dengan benar bisa membuat menimbulkan banyak masalah di wajah, salah satunya jerawat. Nah, untuk merawat kulit berminyak dengan baik dan benar, wajib lakukan 9 prinsip dasar di bawah ini.

Cuci muka teratur. Untuk merawat kulit berminyak, Anda harus mencuci muka di pagi dan malam hari, serta setelah berolahraga. Hindari pembersih terlalu keras yang dapat mengiritasi kulit dan memicu produksi minyak. Umumnya, sabun gel atau batangan lebih cocok untuk kulit berminyak daripada krim atau sabun minyak.

Eksfoliasi setiap beberapa hari. Melakukannya akan membantu membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati, yang dapat menjebak sebum dan membentuk jerawat.

Pakai pelembap. Kulit berminyak juga membutuhkan pelembap, terutama jika menggunakan produk yang dirancang untuk menghilangkan minyak dari kulit. Namun, Anda tidak memerlukan pelembap di pagi hari dan lebih baik menggunakan tabir surya.

Selalu siapkan kertas minyak. Ini berguna untuk menghilangkan penumpukan dan mengontrol kilau. Tekan kertas di wajah tanpa menggosoknya, yang justru dapat menyebarkan minyak.

Hapus Makeup sebelum tidur. Gunakan produk yang efektif yang tidak mengharuskan Anda menggosok dan mengiritasi wajah. Micellar water makeup remover terbaru terbukti efektif menghilangkan kosmetik berbahan dasar air.

Hindari bahan-bahan tertentu. Minyak kelapa, cocoa butter, petroleum jelly, dan silikon adalah bahan-bahan yang akan menyumbat kulit berminyak. Produk berbasis alkohol juga harus dihindari karena cenderung mengiritasi kulit.

Pilih produk yang tepat. Produk dengan bahan-bahan berikut berhasil mengurangi minyak dalam uji klinis, yaitu teh hijau, niacinamide, dan L-karnitin. Lalu, Licochalcone A, fenol yang diekstrak dari akar licorice, juga terbukti bermanfaat untuk melawan jerawat dan mengelola kulit berminyak.

Jangan menyentuh wajah. Melakukannya dapat menyebarkan bakteri, kotoran, dan lebih banyak minyak ke area yang rentan terhadap timbulnya jerawat dan iritasi lainnya.

Kapan harus ke dokter? Meskipun mungkin kulit berminyak tidak menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius, hal itu dapat menyebabkan rasa malu atau menurunkan kepercayaan diri. Jika kulit berminyak sudah sangat mengganggu, Anda harus bertanya kepada dokter kulit, terutama prinsip dasar diatas tidak memberikan hasil yang diinginkan.